Google+ Istilah-istilah Populer Seputar Website & Internet | Je-Blog
Home » , » Istilah-istilah Populer Seputar Website & Internet

Istilah-istilah Populer Seputar Website & Internet

Written By Unknown on Senin, 24 Desember 2012 | 15.49

Postingan kali ini, saya sengaja merangkum istilah-istilah yang berkaitan dengan Website. Semua ini berawal dari ketidaktahuan saya terhadap istilah-istilah tersebut, karena memang awam. Istilah-istilahnya juga kan berasal dari bahasa Inggris, nah saya kan Indonesia asli. Sambil menulis, sambil memahami, jadi pintar kan??, he..he...
Let's learn together!
Kamus Internet


     

  1. Blog ;merupakan singkatan dari  “ Web log “ adalah bentuk aplikasi  yang menyerupai tulisan-tulisan  ( yang dimuat sebagai posting ) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari pengguna blog.
  2. Blogspot ; adalah salah satu layanan blog gratis yang merupakan salah satu produk google.com.
  3. Browser atau web browser ; perangkat lunak di sisi klien yang digunakan untuk mengakses informasi web. Jika Anda ingin memiliki web browser yang aman silahkan klik di sini
  4. Bulletin board ; merupakan forum dalam suatu situs yang digunakan untuk berkomunikasi dua arah bagi para pengakses situs.
  5. CERN ( Consei European pour la Recherece Nuclaire ) : Nama laboratorium Partikel Eropa yang berada di Genewa Swiss. Ini berkaitan dengan sejarah Web itu sendiri, yaitu dimulai pada Maret 1989, tim Berner-Lee yang bekerja di CERN mengajukan protocol system distribusi informasi internet yang digunakan untuk berbagai informasi diantara para fisikawan.
  6. CMS ( Content Management System ) ; sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya, dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis, tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis.
  7. Component ; hampir sama dengan Module, hanya saja mempunyai pengaturan yang lebih kompleks.
  8. Cpanel ; Control Panel.
  9. Database ; merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik, sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program computer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
  10. Extension ; fitur dari Joomla yang membuat website kita mempunyai fasilitas khusus seperti buku tamu, galeri foto, embed video, live chat, embed google maps.
  11. Fantastico ; aplikasi berbayar yang dapat melakukan instalasi berbagai aplikas web secara otomatis , serta dalam waktu yang relative sangat cepat.
  12. Global Site Meta  Keywords ;  kata kunci yang digunakan mesin pencari  untuk mengenal  website Anda.
  13. Global Site Meta Description ; deskripsi dari sebuah situs yang tidak bisa dilihat oleh pengunjung, namun akan dibaca mesin pencari.
  14. Guest book ; atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan “ Buku Tamu “, merupakan salah satu media paling mudah digunakan untuk interaksi pengunjung dan pengelola website.
  15. HTML  ( Hyper Text  Markup Language ) ;merupakan sebuah bahasa markup ( tanda ) yang digunakan dalam membuat sebuah halaman web, serta menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web browser. HTML merupakan standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web.
  16. IIS ( Internet Information Server ); merupakan contoh perangkat lunak web server.
  17. Internet Explorer ; contoh browser, seperti halnya Netscape,Opera dan Mozilla.
  18. Internet Marketer ; pebisnis online.
  19. Joomla; Secara bahasa, kata Joomla berasal dari bahasa Swahili yang mempunyai arti “ kebersamaan “. Joomla merupakan sebuah program aplikasi opensource yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Oleh karena itu Joomla menggunakan lisensi GPL ( General Public License ).
  20. Link ; cara menghubungkan satu file dengan file lainnya. Jika membicarakan tentang blog, maka Link bisa diartikan sebagai sebuah kata atau kalimat yang menghubungkan antara satu halaman blog dengan halaman blog lainnya. Contohnya “ Click Here “, tulisan “ Clik Here “ tersebut dapat  Anda klik , dan  Anda akan dibawa ke halaman blog yang lain.
  21. Localhost ; server pribadi dalam komputer.
  22. Menu Default ; item menu yang akan otomatis diakses ketika website pertama kali dibuka , dan hanya boleh ada satu menu default untuk keseluruhan menu dan item menu website.
  23. Middlware ; perangkat lunak yang bekerja sama dengan web server dan berfungsi menerjemahkan kode-kode tertentu, menjalankan kode-kode tersebut, dan memungkinkan berinteraksi dengan basis data.
  24. Module ; merupakan extension paling sederhana, module menampilkan tampilan khusus seperti banner, artikel dan lain-lain.
  25. Multiply.com  ; situs jaringan social dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling berbagi  beberapa media, seperti video, foto, maupun blog.
  26. My space ; situs jaringan sosal populer  yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musk, video, untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Dalam perkembangannya, my space banyak digunakan Band-band luar negeri maupun lokal untuk ajang promosi.
  27. PDF ( Portable Dokument Format ); merupakan teknologi pemformatan dokumen yang dikembangkan oleh Adobe. Tujuan pengembangan PDF adalah agar tampilan sebuah dokumen dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai sistem operasi komputer secara konsisten .
  28. PHP ( Personal Home Page ) ; merupakan bahasa skrip yang sangat popular dan banyak dipakai programmer web dalam pembuatan situs yang dinamis. Php adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin ( Linux,unix windows,  ) dan dapat dijalankan runtime melalui console serta dapat menjalankan perintah-perintah system.
  29. php ; bahasa pemrograman Opensource yang sangat banyak digunakan oleh situs web untuk memberikan tampilan yang menarik dan proses scripting lain pada situs web.    php pada awalnya merupakan singkatan dari Personal Home Page, tetapi dalam perkembanganya  php digunakan oleh puluhan juta website baik perorangan atau korporat, sehingga tidak cocok lagi disebut sebagai Personal Home Page dan banyak yang lebih suka menyebutnya sebagai php saja.
  30. Plugin ; merupakan ekstension yang paling lengkap , menyediakan tampilan  dan juga pengaturan pada sisi admin. Plugin juga dapat diartikan sebagai suatu aplikasi atau skrip yang bias menjalankan fungsi-fungsi khusus yang tidak bias dijalankan oleh skrip Wordpress secara default.
  31. Shoutmix ; tempat komunikasi dengan cara meninggalkan pesan di chatbox dan disimpan pada sebuah blog atau website.
  32. Site name ; Nama situs . Jika kita membuat site, maka akan diminta mengisi nama dari situs yang akan dibuat.
  33. Sticky post ;  adalah posting yang selalu berada paling atas dibandingkan dengan posting yang lain. Posisi sticky post tidak akan tergeser ke bawah walaupun ada posting baru.
  34. W3C ( World Wide Web Consortium ) ; merupakan konsorsium dari  sejumlah organisasi yang berkepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang berkaitan dengan web.
  35. Web server ; server yang melayani permintaan klien terhadap halaman web.
  36. Wordpres Theme ; adalah desain halaman blog berbasis Wordpress yang meupakan gabungan dari file HTML, CSS, PHP, gambar dan yang lainnya.
  37. Wordpress ; salah satu blog platform yang banyak digunakan saat ini. Wordpress membeikan banyak kemudahan  dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal pluggins. Wordpress adalah salah satu jenis CMS yang popular disamping Blogspot atau Blogger.com, Multiply, dan Joomla. Wordpress merupakan aplikasi open source yang dikembangkan oleh utaan orang di seluruh dunia.
  38. World Wide Web (WWW) : istilah Bahasa Indonesianya terkenal dengan ( JJB ), Jejaring Jagat Jembar , biasa disebut dengan web, merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat.Informasi web didistribusikan melalui pendekatan hypertext yang memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen lain.Bagaikan jaring laba-laba, jejaring web telah membentang ke seluruh penjuru dunia.
  39. XAMPP ; merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstal XAMPP, kita tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP, MySQL secara manual.
  40. YouTube ; ( nama ini tentu sangat popular di telinga Anda semua ). Situs ini merupakan situs web video sharing yang didirikan pada bulan Februari 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal , Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, dan akhirnya di tahun 2006 dibeli oleh Google.Inc senilai 1,65 miliar US $.   
Itulah beberapa istilah seputar website yang dapat  saya tuliskan. Tentu masih banyak istilah lain yang belum tercatat, karena keterbatasan keilmuan saya. Jika ada di antara pembaca yang mengetahui istilah lain, silahkan tuliskan saja di kolom komentar, atau send via email yang ada di Contact.

Share this article :

1 komentar:

  1. wah selama ini saya gak pernah memperhatikan arti istilah2 diatas itu. Thanks ya sudah berbagi

    BalasHapus

Apapun komentar Anda terhadap blog ini, jika untuk peningkatan kualitas blog, saya sangat berterima kasih.

PPOB KK-CELL

PPOB KK-CELL
screenshoot webuser

Sponsor

Sponsor

Hosting Gratis

Ads

IMBisnis

Sponsor

Sponsor

IMBisnis
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Je-Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger